UMKM ZAMAN DIGITAL
Hallo..................................bagaimana
kabarnya semuanya!
Pada kesempatan hari ini aku akan
kembali membahas tentang umkm yang ada di indonesia.berbeda dengan bahasan
tulisan sebelumnya kali ini aku akan membahas tentang umkm pada era digial bagi
para pelaku umkm yang ada di indonesia dari berbagai bidang umkm yang di
jalankan.untuk kesempatan ini tulisan dalam blog ini aku ikutkan dalam
kompetisi blog yang diselenggarakan oleh idnetwork. Untuk informasi lombanya
dapat dilihat pada laman https;//indonetwork.co.id.
Langsung ketopik pembahasan, umkm
atau ukm merupakan sebuah usaha yang dijalankan oleh seseorang dalam sekala
menengah kebawah baik individu maupun kelompok.dimana pelaku ukm yang ada di
indonesia sudah hampir 60 % yang menjalankannya akan tetapi para pelaku umkm
belum semuanya yang mengikuti era pada zaman sekarang ini. Dapat dilihat dari
proses pengelolaan umkm belum semua memanfaatkan teknloogi yang sudah sangat
berkembang secara pesat ini. Perlu digaris bawahi bahwa membangun aset digital
didalam menjalankan umkm itu sanagatlah penting apalagi di tengah pandemi virus
covid ini yang semuanya serba mencari mudahnya saja.
Menurut saya ada beberapa hal
yang harus ditingkatkan bagi para pelaku umkm dalam menjalankan umkmnya yaitu
kreativitas,digitalisasi,serta sinergi sekaligus merupakan upaya untuk
meningkatkan umkm sebagai kekuatan baru pada era digital sekarang ini serta
mendororong pemulihan ekonomi akibat damapak virus covid-19 yang tengah melanda
negara indonesia ini.
Sebagai pelaku umkm pada zaman
sekarang ini sangat diperlukan membangun sebuah aset digital karena dapat
membantu memajukan umkm yang dijlankannya.namun dalam membangun aset digitalperlu
beberapa hal yang harus diperhatikan dan dalam beberapa hal tersebut harus
saling berkaitan satu sama lainnya agar terwujudnya tujuan untuk memajukan umkm
yang ada di indonesia ini.
Untuk hal pertama yang harus
diperhatikan oleh para pelaku umkm adalah kreativitas maksudtnya kreativitas
disina adalah beberapa terobosan atau rencana yang dimiliki oleh para pelaku
umkm.lebih tepatnya kreativitas maksudnya menambahkan atau menjaga nilai dari
sutau produk itu sendiri agar dapat bersaing dengan produk sejenis
lainnya.namun bukan hanya sebatas itu melainkan nilai tambah dari segi harga
maupun kuantitas produk.dalam hal kreativitas ini sendiri tidak bisa berjalan
apabila tidak memiliki dukungan dari para pejabat pemerintahan pusat maupun
daerah. Dengan diberi dukungan oleh para pejabat pemerintahan saya yakin produk
yang diperjual belikan oleh para pelaku umkm akan semakin laris dan dapat
memajukan mukm yang ada di indonesia dengan cara memanfaatkan produk umkm itu
sendiri.maka dari itu usaha untuk menjadikan para pelaku umkm yang kreativitas
mereka harus dibina dari sisi produksi, kewirausahaan, pemasaran, keuangan, dan
juga membentuk klaster atau kelompok usaha. Maka dari itu peran pemerintah
sangat vital sekali.
Yang selanjutnya perlu diperhatikan yaitu digitalisasi maksudnya seperti topik pembahasan kita kali ini yaitu para pelaku umkm harus membangun aset digital dalam menjalankan umkmnya dari segi sistem pembayaran,promosi,atau pemasaran produk.ditengah pandemi virus covid semuanya serba online maka dari diperlakukannya membangun sebuah aset digital.aset digital disini bisa dimulai dengan membuat sebuah platform atau website yang dapat membantu dalam menjalankan umkmnya.dalam masa pandemi sekarang ini masyarakat cenderung banyak sekali menggunanakan internet dalam membantu semua pekerjaan ataupun mencari barang-barang,maka dari itu para pelaku umkm bisa memulainya dengan menfaatkan internet dengan membuat sebuah aset digital.kenapa aset digital sangat penting karena dapat memajukan sebuah umkm itu sendiri karena ada beberapa kelebihan diantaranya kita bisa memantau keadaan pangsa pasar yang sedang berjalan pada saat pandemi virus covid ini serta aset digital mempermudah dalam memanajemen segala seuatu yang berkaitan dengan umkm itu sendiri.setelah membuat aset digital para pelaku umkm harus mengelola aset digital tersebut agar dapat membantu menjalankan sebuah umkm di saat pandemi virus covid ini.mengelola aset digital dapat dimulai dengan Di masa pandemi, bisnis UKM mendapatkan tantangan baru dalam mengembangkan bisnis. Tidak hanya berfokus menyiasati efisiensi dari sisi produksi, namun juga harus memikirkan bentuk promosi yang lebih efektif di tengah masyarakat yang serba online.setelah itu para pelaku umkm juga bisa menggunakan B2m marketplace sebagai platform untuk menjual produk mereka karena platform ini sedang trend sekali di dunia pada zaman sekarang ini serta para pelaku umkm juga harus mendaftarkan umkm mereka di direktori bisnis karena Direktori Bisnis Indonesia adalah situs direktori bisnis lokal yang berisi daftar perusahaan berbagai bidang usaha dari seluruh Indonesia. Situs Direktori Bisnis Indonesia tersusun dalam kategori dan sub kategori sederhana sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan setiap listing.
Setelah memperhatikan dan
melakukan bebrapa hal diatas selanjutnya yaitu sinergi dari semuanya baik dari pihak
pemerintah ,swasta maupun masyarakat sendiri dalam upaya pengembangan umkm yang
ada di indonesia.dimana upaya dengan melalui karya kreatif yang ada di
indonesia.
Maka dari itu membangun sebuah
aset digital juga perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti yang sudah
dijelaskan diatas semuanya harus saling berkaitan samu sama lainnya agar saling
terhubung dan tercapai sebuah tujuan memajukan sebuah umkm yang ada di indonesia.maka
dari itu kita sebagai para pelaku umkm harus dapat mebuat dan mengelola sebuah
aset digital apalagi di era new normal pandemi virus covid ini. Keberhasilan
bisnis UKM di masa pandemi, sangat bergantung pada aktivitas online dan
bagaimana pemilik bisnis mengelola aset digital atau kanal online tersebut. toko digital sama dengan toko
fisik yang memerlukan pengelolaan dan maintainance secara berkala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar